Belajar - Membuat Augmented Reality dengan Flartoolkit
romadhon-byar.blogspot.com - Dari waktu ke waktu, teknologi mampu memenuhi kebutuhan manusia dalam berbagi hal yang belum tentu manusia kerjakan dengan maksimal. Dengan teknologi, manusia dapat dengan mudah mengeluarkan imajinasi yang belum tentu ada di dunia nyata. Nah, bicara tentang imajinasi, salah satu teknologi yang akan kita bahas saat ini bertumpu pada imajinasi kita masing - masing. Dengan teknologi ini kita dapat membuat sebuah bentuk 3D yang seterusnya dapat kita tampilkan pada dunia nyata alias dunia virtual ditampilkan pada dunia nyata.
Teknologi apa itu? Apa nama teknologi-nya? Apakah mudah untuk mempelajari-nya? Apakah kita harus Ngoding juga? Hmm, Teknologi ini adalah teknologi yang dimana Dunia Virtual dapat muncul di Dunia Nyata dengan bantuan kamera yang sebelumnya telah di setting dengan toolkit-nya. Nama teknologi-nya adalah Flartoolkit. Flartoolkit ini bersifat Open Scoure alias di gratiskan oleh pembuatnya. Untuk mempelajari Flartoolkit cukup mudah jika ada kemauan untuk belajar (benarkan saya?). Dalam pembuatan Augmented Reality yang ditekankan adalah pembuatan objek 3D-nya saja. Pada bagian Adobe Flash ada Ngoding-nya juga, tetapi disini kita hanya mengubah bagian - bagian yang perlu untuk diubah yang terkait dengan 3D-nya.
Sebenarnya apa itu Augmented Reality, lalu apa gunanya sih?
Sebelumnya sudah saya jelaskan secara singkat bahwa Augmented Reality adalah sebuah virtual yang dapat kita munculkan ke dalam dunia nyata dengan perantara kamera. Kegunaan dari Augmented Reality sendiri yaitu sebagai alat tambahan dalam pekerjaan manusia alias sebagai alat pendukung di kehidupan nyata. Contohnya memberikan efek 3D pada latar belakang sebuah acara televisi, memanfaatkan objek 3D sebagai contoh produk yang asli, memberi petunjuk arah dan lain sebagainya.
Apakah untuk membuat Augmented Reality hanya satu cara (Flartoolkit) saja?
Tidak, untuk membuat sebuah Augmented Reality ada beberapa metode, tidak hanya Flartoolkit saja.
Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat Augmented Reality dengan Flartoolkit antara lain:
[TAHAP PERTAMA]
Oke, setelah bahan - bahannya siap kita langsung saja membuat AR nya. Pertama kali untuk membuat AR adalah membuat dahulu Objek 3D-nya dengan 3D Max. Buka aplikasi 3D Max-nya, lalu buat sebuah kotak. (lihat tools dikanan) Object Type > Box lalu buat kotaknya pada tempat yang telah disediakan.
Setelah membuat Box-nya langsung saja kita Export, klik lambang 3D Max yang ada pada pojok kiri atas > Export > Export.
Export Box tersebut ke dalam folder Flartoolkit > Model lalu pada "File Name" beri nama Box.DAE "Save as Type" ke OpenCOLLADA(*.DAE). Lalu Klik "Save"
Langkah berikutnya, Centang semua cekbox pada kotak dialog "OpenCOLLADA Export" sesuai dengan gambar dibawah ini. Setelah itu Klik "Ok"
[TAHAP KEDUA]
Nah, tahap pembuatan bentuk 3D pada 3D Max sudah selesai selanjutnya kita menuju ke tahap berikutnya.
Pada tahap ini kita akan meng-Copy dan paste file "Box.DAE" yang tadi kita buat ke dalam folder "Data" lalu ubah Ektensi file "Box.DAE" menjadi "Box.PAT".
Langkah - langkahnya, masuk ke folder Flartoolkit > Model (Copy file Box.DAE) setelah meng-Copy lalu masuk ke folder Flartoolkit > Data (Paste file Box.DAE) lalu ubah ekstensinya menjadi *.PAT.
[TAHAP KEEMPAT]
Setelah Scan marker selesai, selanjutnya buka Adobe Flash CS3-nya.
Teknologi apa itu? Apa nama teknologi-nya? Apakah mudah untuk mempelajari-nya? Apakah kita harus Ngoding juga? Hmm, Teknologi ini adalah teknologi yang dimana Dunia Virtual dapat muncul di Dunia Nyata dengan bantuan kamera yang sebelumnya telah di setting dengan toolkit-nya. Nama teknologi-nya adalah Flartoolkit. Flartoolkit ini bersifat Open Scoure alias di gratiskan oleh pembuatnya. Untuk mempelajari Flartoolkit cukup mudah jika ada kemauan untuk belajar (benarkan saya?). Dalam pembuatan Augmented Reality yang ditekankan adalah pembuatan objek 3D-nya saja. Pada bagian Adobe Flash ada Ngoding-nya juga, tetapi disini kita hanya mengubah bagian - bagian yang perlu untuk diubah yang terkait dengan 3D-nya.
Sebenarnya apa itu Augmented Reality, lalu apa gunanya sih?
Sebelumnya sudah saya jelaskan secara singkat bahwa Augmented Reality adalah sebuah virtual yang dapat kita munculkan ke dalam dunia nyata dengan perantara kamera. Kegunaan dari Augmented Reality sendiri yaitu sebagai alat tambahan dalam pekerjaan manusia alias sebagai alat pendukung di kehidupan nyata. Contohnya memberikan efek 3D pada latar belakang sebuah acara televisi, memanfaatkan objek 3D sebagai contoh produk yang asli, memberi petunjuk arah dan lain sebagainya.
Apakah untuk membuat Augmented Reality hanya satu cara (Flartoolkit) saja?
Tidak, untuk membuat sebuah Augmented Reality ada beberapa metode, tidak hanya Flartoolkit saja.
- ARToolkit ARToolkit adalah sekumpulan library yang dikembangkan menggunakan bahasa C atau C++.
- Flartoolkit Flartoolkit adalah sekumpulan library yang dibuat dengan menggunakan Flash. Flartoolkit adalah lanjutan atau kembangan dari ARToolkit. Tool ini dapat dikembangkan pada website.
- Nyartoolkit Nyartoolkit sendiri berasal dari ARToolkit juga, tetapi jika ARToolkit memakai Bahasa C atau C++ lain halnya Nyartoolkit, tool ini memakai Bahasa Java.
Kali ini saya hanya membahas Flartoolkit saja. :) Karena saya agak menguasai ilmu ini, hehehe :)
O.k Langsung saja.
Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat Augmented Reality dengan Flartoolkit antara lain:
- Flartoolkit
- 3D Max Versi apa saja. (di sini saya memakai versi 2010)
- OpenCOLLADA_3ds_Max_1.3.1_x86 (untuk tambahan 3D Max)
- Adobe Flash (di sini saya menggunakan CS3 dan CS5)
- Marker AR
Jika belum ada silakan download terlebih dahulu bahan - bahannya:
- www.mediafire.com/download.php?uf1v14i4cl5s317 (Isi-nya Flartoolkit, Marker Generator, Marker dan OpenCollada)
- Adobe Flash CS3 Portable (Sorry, belum di Upload, ada masalah)
- www.mediafire.com/view/?xxtc3cpycur9tm7 - Marker Buatan Admin.
- 3D Max 2010 (Link download O.k)
[TAHAP PERTAMA]
Oke, setelah bahan - bahannya siap kita langsung saja membuat AR nya. Pertama kali untuk membuat AR adalah membuat dahulu Objek 3D-nya dengan 3D Max. Buka aplikasi 3D Max-nya, lalu buat sebuah kotak. (lihat tools dikanan) Object Type > Box lalu buat kotaknya pada tempat yang telah disediakan.
Membuat Box
Setelah membuat Box-nya langsung saja kita Export, klik lambang 3D Max yang ada pada pojok kiri atas > Export > Export.
Meng-Export |
Men-Save |
OpenCOLLADA Export |
[TAHAP KEDUA]
Nah, tahap pembuatan bentuk 3D pada 3D Max sudah selesai selanjutnya kita menuju ke tahap berikutnya.
Pada tahap ini kita akan meng-Copy dan paste file "Box.DAE" yang tadi kita buat ke dalam folder "Data" lalu ubah Ektensi file "Box.DAE" menjadi "Box.PAT".
Langkah - langkahnya, masuk ke folder Flartoolkit > Model (Copy file Box.DAE) setelah meng-Copy lalu masuk ke folder Flartoolkit > Data (Paste file Box.DAE) lalu ubah ekstensinya menjadi *.PAT.
Folder Flartoolkit |
Folder Model |
Folder Model adalah tempat untuk men-Save Export dari 3D Max.
Meng-Copy file Box.DAE |
File Box.DAE yang terdapat pada folder Model di copy.
Folder Data |
Ganti Ekstensi |
Ganti Ekstensi *.DAE menjadi *.PAT
[TAHAP KETIGA]
Setelah mengganti Ekstensi-nya, sekarang kita men-Scan Marker Augmented Reality dengan menggunakan "Marker Generator" yang ada pada folder Marker Generator. (Scan Marker Secara OFFLINE)
Scan Marker Augmented Reality |
Buka Marker Generator-nya > Klik Allow > Arahkan Marker ke Kamera sampai dilingkari warna merah > Klik Get Pattern.
Save Marker Augmented Reality |
Selanjutnya Klik Save yang ada pada Marker Generator > Simpan Marker-nya di dalam folder Data > Lalu langsung Save (Lihat gambar untuk lebih jelasnya).
Catatan: Marker Generator dalam format *.swf. Jika tidak bisa di buka instal Adobe Flash atau melakukan "Scan Marker secara ONLINE".
Link-nya: http://flash.tarotaro.org/ar/MarkerGeneratorOnline.swf
(caranya sama seperti yang OFFLINE).
Link-nya: http://flash.tarotaro.org/ar/MarkerGeneratorOnline.swf
(caranya sama seperti yang OFFLINE).
[TAHAP KEEMPAT]
Setelah Scan marker selesai, selanjutnya buka Adobe Flash CS3-nya.
Pilih Flash File (ActionScript 3.0) |
Pada bagian ini pilihlah "Flash File (ActionScript 3.0)".
Tampilan Tab Flash File (ActionScript 3.0) |
Pada bagian ini berikan nama pada "Document Class". Contohnya: belajar.
Pada bagian ini Save dengan Ekstensi *.Fla
Pada bagian ini Save dengan Ekstensi *.Fla
Buat File ActionScript File |
Pilih ActionScript File |
Pada bagian ini Klik File > New > ActionScript File
package{
import flash.events.Event;
import org.papervision3d.objects.parsers.DAE;
[SWF(width=640, height=480, backgroundColor=0x808080, frameRate=30)]
//Kata "Belajar" harus sesuai dengan nama file-nya Mau itu .fla atau .As (Sesuaikan!)
public class belajar extends PV3DARApp
{
//Kata "_Box" harus sama dengan nama file *.DAE dan *.PAT (Sesuaikan!)
private var _Box;DAE;
public function belajar() {
addEventListener (Event.INIT, _onInit);
init('Data/camera_para.dat','Data/Box.pat');
}
private function _onInit(e:Event):void
{
_Box = new DAE();
_Box.load('model/Box.dae'); //untuk membca file pd folder model
_Box.scale = 2; //Skala 3D-nya
_Box.rotationX = 90; //Rotasinya
_markerNode.addChild(_Box);
}
}
}
Save File kodingan-nya |
Save File kodingan-nya |
Save filenya didalam folder Flartoolkit lalu beri nama dan dengan ekstensi *.As
Setelah kita save semua filenya, selanjutnya tinggal eksekusi saja file tersebut dengan cara CTRL+Enter.
Eksekusi |
Hasil Output Augmented Reality |
Nah, ini tutorial yang pakai Adobe Flash CS5
Jika ada kritik dan saran dari Anda, silakan contact saya disini => romadhon-byar
Terima Kasih ... Mohon Maaf, jika saya lama merespon pertanyaan dari Agan sekalian.
Thank you tutorialnya :)
BalasHapusSemoga semakin sukses :D
Sip Gan, semoga bermanfaat ... :)
HapusAmin, Thanks Gan :D
gan kalo udah selesai bikin AR nya gimana cara menjadikan file supaya bisa di unduh di AppStore (iOS) atau di PlayStore/GooglePlay (android)?
BalasHapusKalo ini (Flartoolkit) hanya di komputer Gan.
Hapusdi unduh apa di upload gan?
Kalo android cari saja aplikasi AR di Google Play. :)
Mas, kenapa AR saya tidak bisa dibuka saat meng-eksekusi video untuk menampilkan object ?
BalasHapusKesalahan yang sering terjadi dan harus diperbaiki:
Hapus1. Nama file harus sesuai dengan kode.
2. Ekstensi harus diperhatikan.
3. File .DAE tidak diubah menjadi .PAT
4. File .DAE yg sudah di ubah menjadi .PAT tidak ada di folder Data.
Coba di periksa ulang dan baca dengan seksama Tutorial-nya :)
gan file .DAE saya kok tidak bisa di ubah ke .PAT ya ?
HapusSilahkan cari cara untuk mengubah extensi file terlebih dahulu
HapusKeyword: "cara-mengganti-ekstensi-file-di-komputer"
Gan kenapa script saya ketika di eksekusi ada tulisan "flash could not connect to the debug player" dan tidak bisa membuka webcam?
BalasHapusmohon bantuannya gan , , ,
Coba sesuaikan nama di kode (syntax) nya dengan nama file yang ber-Ekstensi .Fla dan .As
Hapuscoba periksa camera_para.dat apakah sudah sesuai namanya di syntax.?
Apakah file .DAE yg sudah di ubah ekstensi-nya menjadi .PAT sudah ada di dalam folder Data?
Semua nama File harus sama. Serta juga sesuai dengan Ekstensi-nya.
Harus teliti Gan :)
Semoga berhasil ...
mas tutorialnya sangat bermanfaat sekali...
BalasHapussaya mau tanya kalau pake flash develop gemana mas???
AR pakai Flash Developer saya belum pernah coba. Tapi jika ada waktu saya akan membuat Tutorialnya.
HapusTerima Kasih atas pertannyaanya :)
manta gan tutorialnya....
BalasHapuskalau pake flash develop gemana caranya gan???
Augmented Reality pakai Flash Developer saya belum pernah coba. Tapi jika ada waktu saya akan membuat Tutorialnya.
HapusTerima Kasih atas pertanyaanya :)
bro, setelah saya eksekusi tampilan nya putih aja.. pemanggilan kameranya ga bisa... coding-coding udah aku sesuaikan dengan syntax2nya..
BalasHapusCoba klik baris error pada box "Compiler Error" nya. :) dimana letak kesalahannya.
Hapuskalau sukses pasti tampilan outputnya sama kaya gambar "Tampilan Box Kamera" di atas.
:)
bro, programna udah jalan.. tapi marker yang di baca masih sering lari-lari ga fokus.. malahan biar tanpa marker bisa muncul sendiri objek 3D na..
BalasHapusSip, Pencahayaan ruangan, posisi marker serta kamera sangat mempengaruhi sekali.
HapusKalo objek muncul tanpa marker pada kegelapan dimungkinkan warna gelap itu hampir sama dengan marker :)
bro tutorialnya bermanfaat banget, tapi kok aku coba biar ga ada marker objek nya tetap muncul yang penting di depan webcam gambar agak gelap pasti objek nya muncul
BalasHapusThanks Gan :) Semoga Bermanfaat selalu. Ia gan, mungkin yang gelap itu menyerupai markernya :). Ane juga ngalamin.
Hapusgan.. mau tanya.. kalo pake sketchup.. untuk eksport kan langsung ada Collada nya (.dae) sama ga sih sama openCollada?? dan bisa ga kalau bikinnya 3d nya di sketchup langsung masuk ke Flaar-nya??
BalasHapusAntara Collada dan OpenCollada berbeda serta fungsinya pun juga berbeda. OpenCollada sendiri adalah tambahan plugin untuk 3DMax dalam tutorial ini.
Hapusuntuk SketchUp saya belum bisa menanggapinya lebih jauh.
Saya rasa tidak bisa, kecuali di SketchUp ada plugin OpenCollada.
:)
maaf gan saya mau tutorial bikin drumkit pake AR kira2 agan tau caranya biar kalo salah satu dari marker ditutup keluar bunyinya
BalasHapusSebelumnya saya mohon maaf, untuk bagian ini saya belum sampai situ belajar AR nya. :|
Hapustetapi, Saya akan mencoba mencari tahu tentang hal ini di kemudian hari. :)
Gan mau nanya nih, itu dalam folder Flartoolkit > Data, kok file typenya ga bisa di ganti ya?? yang Box.PAT, camera_para.dat, marker16.PAT. Pas gw rename tetep aj type filenya dalam bentuk coreldraw sma video CD movie. Mhoon bantuannya gan. :D
BalasHapusApakah Ekstensinya sudah terlihat atau belum?
HapusKalau belum anda bisa lihat cara menampilkan Ekstensi file agar mempermudah dalam mengganti formatnya (ekstensinya).
Lihat Video > http://youtu.be/BMZJUx8OY6k :)
gan kalo untuk penggunaan markerless kira2 di flartoolkit support dan memungkinkan gk ya???
BalasHapusmohon penjelasanya. thnks gan sebelumnya :)
Untuk markerless pada Flartoolkit sepertinya tidak memungkinkan Gan. Setahu saya markerless bisanya pasa D'Fusion.
Hapusgan mau tanya nih... waktu saya save mescan marker kenapa gak keluar tempat penyimpenannya (ini dilakuakan dalam keadaan offline) dan waktu keadaan online muncul kata seperti ini :
BalasHapusReferenceError: Error #1069: Property save not found on flash.net.FileReference and there is no default value.
at org.tarotaro.flash.ar.ui::FLARCodeViewPanel/::savePattern()
at org.tarotaro.flash.ar.ui::FLARCodeViewPanel/__saveButton_click()
gan kenapa waktu save marker tidak muncul tempat penimpanan markernya.. ohon pencerahannya. terima kasih.
BalasHapusAda beberapa kemungkinan:
Hapus1. Flash.taro-taro harus Online.
2. Jika bisa Offline komponen dari web (Flash.taro-taro) harus termuat terlebih dahulu.*
Saran saya: Pakai yang Offline saja agar mempermudah eksekusi nya.
*sudah saya coba. :)
Gan, klo ditambah tombol kira2 bisa ga ya di flashnya, misalnya utk fungsi zoom / rotate ? klo bisa bagaimana caranya?
BalasHapusMenurut saya bisa. Tinggal logikanya.
HapusMaaf, Gan untuk caranya ane belum bisa. Maklum ane juga masih belajar.
Tapi, Saya pernah coba pas nyentuh marker-nya otomatis objeknya membesar atau mengecil. Cara ini kalo ga salah pake OpenSpace3D Gan. Mungkin lain waktu ane bisa postingin.
gan, klo di bikin web based gmn ya caranya?
BalasHapusItu yang mau Saya pelajari :3, tapi belum ada waktu :'(
Hapusini bisa multi marker gak gan? jadi bisa mendeteksi beberapa marker yg berbeda dan menampilkan gambar 3D yang berbeda untuk tiap markernya?
BalasHapusFlartoolkit bisa multi marker gan :3
Hapuscek disini -> http://flash.tarotaro.org/blog/2010/03/16/multi-marker-test/
dan disini -> http://wonderfl.net/c/8lBK
Hapus(FLARToolKit Multi Marker Sample(FLAR, Hiro))
gan sya pengen marker tuh cuma buat barkod keluaran buar gambar muncul 3d nya saja. jadi pass marker ga di arahin ke kamera gambarnya msh tetap muncul itu gmna ya
BalasHapusWah, kayanya itu Nyartoolkit gan :3
Hapusgan.. ramadhon.. ada kontak agan..?
BalasHapushttp://www.romadhon-byar.com/2016/06/kontak.html
Hapus:)
kalau open calloda untuk 3ds max 9 ada tidak alnya yang ini error 1114?
BalasHapuscoba ke website nya langsung -> http://opencollada.org/
Hapus:)
gan ana mau tanya pada codingan flashnya apakah pengaruh Huruf besar sama huruf kecilnya??
BalasHapusthanks before
menurut Saya pengaruh, tp kenapa tidak mencobanya sendiri :D
HapusGan kalo untuk markernya yang mana yah??
BalasHapusYg ini gan buat Saya -> http://www.mediafire.com/view/?xxtc3cpycur9tm7
HapusKalau mau buatan sendiri bisa dicoba ke sini -> http://flash.tarotaro.org/ar/MarkerGeneratorOnline.swf
gan klo multi marker yang link dsnie nhe
BalasHapuscek disini -> http://flash.tarotaro.org/blog/2010/03/16/multi-marker-test/
source codenya berbentuk xml atau as??
dalam bentuk .as
Hapusadmin tanya dong kaloexport nya buat jadi apk di android gimana caranya gan
BalasHapusCoba pelajari "NyarToolkit" :)
Hapuskalo mau export ke apk gimana gan?
BalasHapus