Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AdSense - Apa itu Google AdSense?

AdSense - Apa itu Google AdSense? - romadhon-byar.blogspot.com
Apa itu Google AdSense?

romadhon-byar.blogspot.com - Apa itu Google AdSense? , ini adalah pertanyaan paling mendasar dari semua pertanyaan yang harus dijawab. Kalau tidak dijawab Kamu akan susah untuk memahami untuk kedepannya 😱. Jadi kita mulai dari dasar dulu ya 😁...

Pendahuluan

Google AdSense atau AdSense adalah sebuah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh perusahaan terkemuka yang dikenal dengan nama Google Inc. Melalui program tersebut, pemilik situs web, blog dan kanal youtube yang sebelum telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang telah ditentukan oleh Google. Pemilik situs web atau blog (termasuk kanal youtube juga 😁) akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs tanpa adanya kebijakan yang dilanggar (seperti mengeklik iklan sendiri dan sebangsanya, itu TIDAK boleh loh), ini kenal sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar per klik (jadi setiap pengunjung mengeklik iklan yang tayang pada web/blog/kanal Kamu, maka akan mendapatkan bayaran yang telah ditetapkan oleh Google). ~ diolah kembali dari WikiPedia

Sejarah Singkat


Infografis Sejarah Singkat Google AdSense - romadhon-byar.blogspot.com
Sejarah Singkat Google AdSense

Istilah dalam AdSense

Berikut ini adalah istilah-istilah umum dalam AdSense:
  1. Publisher
    • Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web/blog/kanal yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan Google AdSense di situs mereka.
  2. Ad Units
    • Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis bukan satu jenis dan beberapa ukuran bukan satu ukuran.
  3. Link Units
    • Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web.
  4. AdSense for Content
    • AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut.
  5. Alternate Ads
    • Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.
  6. Channels
    • Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.
  7. Page Impressions
    • Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung.
  8. CTR (Clickthrough Rate)
    • Clickthrough Rate adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut.
  9. CPC (Cost Per Click)
    • Cost Per Click adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik.
  10. eCPM (Effective Cost Per Million)
    • Cost Per Million adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang didapatkan dari iklan-iklannya.

Kebijakan program AdSense

Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense.
  1. Mengeklik iklan sendiri (manual maupun otomatis)
  2. Mendorong pengunjung untuk mengeklik iklan
  3. Mengubah ukuran unit diluar ketentuan Google
  4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  5. Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  6. Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  7. Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan.
  8. dan sebagainya

Optimisasi Penghasilan AdSense

Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
  1. Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan Google AdSense
  2. Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
  3. Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman

Banned Google AdSense

Banned Google AdSense adalah sebuah larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, di mana sangsi ini dijatuhkan oleh Google AdSense bagi publisher yang melanggar kebijakan program. Jenis Banned ada 3 yaitu:
  1. Iklan dinonaktifkan sehingga iklan tidak bisa tampil pada salah satu halaman tertentu yang dianggap melanggar kebijakan program
  2. Situs dinonaktifkan sehingga situs web tidak bisa menampilkan iklan di semua halamannya
  3. Akun Google AdSense dinonaktifkan, ini adalah hukuman bagi pelanggaran berat sehingga publisher tidak bisa lagi menampilkan iklan di semua situs web miliknya dan tidak diperbolehkan lagi mendaftar di Google AdSense secara PERMANEN


Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/AdSense

Posting Komentar untuk "AdSense - Apa itu Google AdSense?"